Translate This Articel To Your Language

Selasa, 15 Mei 2018

CARA KERJA SETRUM IKAN PLATINA


CARA KERJA SETRUM IKAN PLATINA

Setrum Ikan Platina atu bahasa gaulnya Fish Socker adalah alat yang sangat sederhana yang terbuat dari besi kern dan lilitan kawat email yang kemudian dirangkai menjadi sebuah KOIL. Koil atau biasa kita sebut sebagai Gulungan ini berfungsi sebagai penghasil, converter atau komponen yang pembangkit dari tegangan input rendah dc 12 volt menjadi tegangan AC dan DC berpuluh-puluh kali lipat dari tegangan input sesuai dengan keinginan pembuatnya.
Assalamu’alaikum. Apa kabar sahabat semua, semoga sehat selalu. Dalam kesempatan kali ini saya Syahripati7 akan menerangka secara rinci bagaimana cara kerja SETRUM IKAN yang memakai PLATINA. Dalam Artikel sebelum kita telah belajar bagaimana cara membuat setrum ikan step-by step atau langkah-demi langkah dari awal hingga akhir. Mungkin ada dari kawan-kawan yang belum tahu bagaimana lat yang dinamakan SETRUM IKAN ini bisa bekerja hanya dengan alat yang sederhana dan bisa kita bilang sangat sederhana. Nah,…. Dari pertanyaan itulah saya menulis artikel ini sebagai bahan referensi supaya kedepannya kita bisa membuat dan bahkan mengembangkan alat setrum ikan yang memakai platina ini menjadi lebih baik, maksimal n tentunya lebih mantap. Sebelum kita membuat alat setrum ikan ini ada baiknya kita bahas bersama komponen pokok apa saja yang berperan penting dalam rangaian setrum ikan. Langsung saja Mas….? Kok banyakan cincong sih,…. Hahahahaha OK OK OK Let’s We Go.

KOMPONEN YANG PALING POKOK

  1. 1.       KOIL

Koil atau yang biasa kita sebut sebagai GULUNGAN dan mungkin penyebutan ini berbeda-beda menyesuaikan bahasa daerah masing-masing, adalah alat yang terdiri dari besi kern dan kawat email yang dililit melingkari besi kern. Lulu apakah ada pertanyaan tentang kern itu apa ? atau jika sudah tahu namun bigung menentukan bahan apa saja yang paling bagus untuk membuat sebuah kern yang berkualitas ? KERN adalah suatu media atau plat tipis yang terbuat dari besi lunak dan disusun rapat tanpa celah. Penyusunan rapat tanpa celah ini bertujuan untuk meminimalisir adanya celah udara antar tumpukan plat besi yang kita tahu sebuah koil setrum ikan tidak membutuhkan celah udara atau spargup untuk membuat kinerjanya lebih maksimal. Celah udara sendiri jika ada dalam sebuah tumpukan besi kern akan membuatnya cepat panas karena udara mendapat tekanan induksi dan tidak mampu mengalir keluar gulungan. Juga karena koil ini tidak seperti travo ferrite yang biasa digunakan sebagai SMPS pada rangkaian converter. Maka dari itu pembuatannya harus benar-benar rapat. Kita bisa menggunakan bekas kern travo besi yang berukuran 10Amper keatas karena memang kern travo lah yang mudah dan simpel, tinggal susun dan tidak perlu memotong. Kern Travo juga adalah bahan yang paling baik yang masih saya gunakan hingga kini.

  1. 2.       KAWAT EMAIL

Kawat email adalah sebuah kawat yang terbuat dari bahan tembaga atau yang lainnya. Bagian luarnya terdapat lapisan email tipis sebagai isolator dan memang sengaja dibuat untuk keperluan alat-alat electronik atau mekanik yang menggunakan pemanfaatan induksi. Kawat email yang bagus yang pernah saya gunakan adalah yang berwarna merah kehitaman, selain kuat lapisan emailnya juga lumayan tebal. Tidak seperti yang berwarna kuning ke-emasan yang lunak, mudah putus dan mudah terbakar. Oh, iya. Dari harganya saja bisa kita simpulkan RUPO NGGOWO REGO kata orang jawa. Hehehe
  1. 3.       PLATINA

Platina adalah alat sederhana yang terdiri dari dua buah mata dan plat yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik atau yang biasa kita sebut SWITCHING. Dipasaran sendiri terdapat berbagai macam jenis dan bentuk platina, mulai dari kijang, vespa, sinsaw dan lain-lainnya. Untuk platina sendiri yang biasa saya gunakan adalah platina MOBIL KIJANG. Kenapa kok memakai platina kijang mas ?????... karena saya lihat plat yang terdapat di platina mobil kijang lebih besar dan kaku daripada plat yang ada di platina lain. Memang kenapa mas kok memilih yang memakai plat lebih besar, toh sama saja kan semua platina ada platnya ??.. Begini Kang Mas, semakin besar atau kaku sebuah plat, maka switchingnya akan lebih cepat, lebih mantap karena arus yang masuk juga besar dan juga untuk out pastinya juga lebih mantap mas bro…. hehehE

   4. SISTEM KERJANYA

Komponen demi komponen telah kita pelajari, saatnya kita membahas cara kerjanya. Ketika sebuah koil teraliri arus, disini yang berfungsi menghantarkan arus adalah platina melalui dua matanya(mata platina A dan B). Mata platina A yang diam dan mata platina B yang bergerak. Karena sebuah gulungan terdapat besi kern didalamnya, Maka arus yang masuk ke gulungan secara otomatis kern dalam gulungan akan memicu medan elektromagnetik yang kemudian membuat plat platina tertarik mendekati koil. Dan ketika plat platina tertarik koil, maka otomatis arus yang masuk ke gulungan akan terputus seketika. (Namun arus akan masih tersimpan dikoil dan tidak langsung hilang).Dan ketika arus terputus maka seketika itu juga plat platina akan kembali keposisinya, karena terdapat mata platina A berarus yang menghadang mata platina B, seketika itu juga mata platina B otomatis akan menyentuh mata platina A dan otomatis juga mata platina B akan mendapat arus lagi dan akan menghantarkannya ke gulungan lalu memicu medan eletromagnetik lagi. Ini terjadi berulang kali, karena ketika pemutusan arus tidak langsung hilang, maka arus yang masih tersimpat, ditekan dan ditambah lagi dengan proses SWITCHING yang kedua dan seterusnya. hingga sebuah koil melalukan induksi diri. Induksi diri ini yang kemudian menghasilkan tegangang output berkali-kali lipat dari tegangan input.

HUUUUUUUUAH…. Lumayan Capek Juga ya, Bagi yang belum faham dengan artikel silahkan lanjut ke vidio di bawah ini.




Sekian dulu dari saya ya, Syahripati7 Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan

Wassalam.


BACA JUGA SETRUM IKAN TIPE PS SEMI

0 comments:

Posting Komentar