Minggu, 13 Mei 2018

SETRUM IKAN TIPE SPS

TUTORIAL LENGKAP CARA MEMBUAT SETRUM IKAN TIPE SPS

Assalamu'alaikum sahabat, surcriber youtube saya maupun pembaca setia blog ini. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara membuat setrum ikan TIPE SPS. Tidak jauh berbeda dengan tipe ataupun jenis setrum ikan platina pada umumnya, tipe SPS ini mengandalkan gulungan/lilitan bagian primer yang dipadukan dengan sekunder kedua. Tidak panjang lebar lagi, mari kita bahas bersama apa yang berbeda, yang lebih baik dan yang membuatnya lebih woooow dibandingkan dengan tipe yang lainnya.


SPESIFIKASI GULUNGAN


  1. Primer               : 1-1,3 mm 3-5 lapis
  2. Sekunder   1      : 1,5 mm 3 lapis untuk 1 aki dan 5 lapis untuk 2 aki
  3. Sekunder ke II   : 0,8-1,3 mm 5-7 lapis


ALAT-ALAT YANG LAINNYA


  1. Kondesor : Minimal 6 biji untuk 1 aki dan untuk 2 aki minimal 15 biji
  2. Platina : Kijang ( kelebihannya plat untuk switch lebih kuat dari platina lain)
  3. Kabel : Untuk menyambung antar komponen
  4. Stik : Dari Kuningan atau Steinless steel
  5. Switch Contact : Bisa kita buat dari gagang sendok


CARA KERJA

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, cara kerja TIPE SPS ini tidak jauh berbeda dengan TIPE yang lain, hanya saja jika tipe yang lain mengandalkan bagian primer atau lilitan yang paling bawah, sebagai pemicu induksi untuk tipe SPS ini mengandalkan bagian SEKUNDER I sebagai pemicu induksinya.

RESEP SEBELUM MEMBUATNYA

Kita fahami dahulu, untuk tipe SPS ini termasuk kedalam induksi MURNI. kenapa saya bilang induksi murni ??? ya, begitulah . karena bagian output tidak ada yang tersambung ke aki ataupun ke lilitan pemicu induksi. jadi untuk besar kawat yang menjadi output sangat menentukan besar kecilnya amper output, sedangkan panjang kawat sangat menentukan besar kecilnya Voltase output.

INGAT !!!! Harus menyesuaikan lebar, panjang dan tinggi kern yang terlilit juga beserta berapa amper aki yang digunakan. Untuk panjang, lebar dan tinggi kern gunakan saja yang umumnya yaitu 12 x 2 x 1,8 cm yang dililit bersih 9 cm. Untuk panjang kern hanyalah optional bisa antara 9 cmm sampai 15 cm.

SKEMA BISA SOBAT LIHAT VIDIO DIBAWAH INI

Untuk lebih jelasnya lagi, sahat n sobat semua bisa lihat tutorial di Channel Youtube saya dibawah ini.



JIKA BELUM FAHAM SILAHKAN HUB MELALUI WA 0856-4866-0822
ATAU BISA LANGSUNG KOMENTAR DIBAWAH, SAYA AKAN SENANG SEKALI BISA BERBAGI PENGALAMAN. Sekali Lagi, disini saya hanya berbagi dan bukan bermaksud menggurui ataupun pamer karena saya juga menyadari bahwa aku pun masih terlalu awam.

semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. ass. mas, dari sekian banyaknya tipe rangkaian strom ikan, tipe mana yang paling bagus hasilnya jika menyetrum ikan? trima kasih atas penjelasannya!

    BalasHapus
  2. Kalau saya mau beli gimana caranya

    BalasHapus